About Me

pilih bahasa

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Tips Menaikkan PageRank Domain

Page Rank sebuah domain adalah faktor kunci untuk berbisnis Paid Review. Ketika PR sebuah domain turun menjadi dibawah 3, sementara tidak bisa digunakan untuk berbisnis Paid to Review. Kenapa saya katakan sementara Karena masih ada peluang untuk mengembalikan PR drop ke kondisi semula (PR 3 keatas). Tertarik? Caranya adalah sebagai berikut :

Cara ini hanya ditujukan untuk Domain ”baru”. Pengertian baru disini adalah, domain yang baru dibeli, lantas diisi beberapa konten LANGSUNG drop, jadi PR 2 atau malah PR 0. Jadi bukan gara2 google update.


Pertama, saya akan coba jelaskan fenomena tersebut. PR yang turun secara tiba2 setelah halaman kita baru terindex dikarenakan kehilangan backlink dari Google. Ingat, bahwa faktor terpenting dari Page Rank adalah backlink, pengguna domain sebelumnya pastinya juga telah mempunyai konten, dan tentunya beberapa backlink yang membuat domain tersebut dikaruniai PR 3 keatas oleh Google. Nah, ketika domain tersebut berpindah tangan, otomatis konten berubah, struktur permalink berubah, hingga crawler Google akan bertanya2 ketika mengunjungi blog Anda ”kamu, kok beda ya, ga kaya dulu lagi?”. Nah, akibatnya backlink akan mulai dari baru dan ada kemungkinan PR domain Anda akan diturunkan bahkan mulai dari awal.


Bagaimana cara mengatasinya? , berikut cara yang saya lakukan dan bisa menambah peluang mempertahankan Page Rank domain.


Cara A. (dilakukan awal sekali, ketika PR masih tinggi)



  1. Tambah backlink dari social bookmark dan web directory sebanyak mungkin dan sesegera mungkin. Untuk social bookmark, gunakan Social Marker (http://www.socialmarker.com) yang akan mempermudah Anda untuk mensubmit. Apalagi ketika Anda menggunakan tips saya tentang mendapatkan konten tanpa menulis efeknya akan lebih terasa, submit setiap posting yang telah terpublish ke social bookmark. Manfaatnya, dalam waktu singkat Anda akan punya amunisi pengganti backlink yang (juga)berkualitas.

  2. Bertukar Link. Caranya adalah sebagai berikut, masuk ke Forum DP (http://forums.digitalpoint.com) Dan masuk ke bagian Link Exchange. Ambil manfaat sebanyak2nya, Ingat ! milik Anda sekarang adalah PR 3 keatas (meski masih rapuh :p) Puluhan atau bahkan ratusan situs siap bertukar link dengan Anda. Berikut kaidahnya :



  • Cari situs yang setopik dan sebanyak mungkin.

  • Cari situs yang mempunyai PR 3 keatas (punya Anda kan juga PR 3). Anda yang paling banyak diuntungkan disini, karena rata2 situs PR 3 yang Anda ditemui di forum telah mapan dan stabil :)

  • Kalo bisa, mintalah link dari upcoming blogpost (di dalam posting) atau di footer (supaya selalu muncul di setiap halaman). Kalo ga bisa ya di blogroll juga ga masalah, meski efeknya kurang maknyuss dibanding yang pertama.


Cara B (dilakukan ketika domain drop jadi PR 2,1,0 setelah diisi konten)


Kabar baik yang bisa saya sampaikan adalah, domain Anda akan mudah untuk kembali ke PR 3 atau lebih. Pengalaman saya pribadi, 50 % lebih domain drop saya, kembali ke PR semula. Ini bukan menghibur, ini fakta :)

Caranya, sama persis dengan cara A. ditambah dengan berdoa. :).

Semoga punya kekuatan untuk mempraktekkan dan PR yang sekarang lagi drop, bisa naik lagi di google update berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar